SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA DESA SUKJAMAJU

Posted by ncuye on 09.33 with No comments
Desa Sukamaju adalah merupakan pemekaran dari desa induk Cibingbin Kecamatan Cibingbin Kabupaten Kuningan, dan memiliki luas wilatyah +- 215,477 Ha.

Desa Sukamaju sebelum dipekarkan dikenal dengan nama blok wage. sebagai bagian dari desa Cibingbin dan terdiri dari  sembilan Kampung, yaitu :
  1. Kampung Langan Sari.
  2. Kampung Dukuh Asem.
  3. Kampung Sukasari.
  4. Kampung Belo.
  5. Kampung Margasari.
  6. Kampung Argasoka (dului Bantareja).
  7. KAmpung Dukuh Awi ( dulu BantarAwi).
  8. Kampung Cimerak.
  9. Kampung Sumur Wiru.
Sebelum ditetapkan sebagai desa persiapan, saat itu terdapat beberapa nama pilihan untuk ditetapkan menjaadi nama desa. Di ilhami oleh nama sebuah Sekolah Dasar ( SD Sukamaju) yang berlokasi di Kampung Belo, makapilihan jatuh pada nama Desa Sukamaju maka secara otomatis Kampung Belo beralih nama mewnjadi Kampung Sukamaju.

Semasa Desa persiapan Sukamaju, Kepala Desa dijabat sementara oleh Bapak PRAWIRA SASMITA yang notabene sebagai sekertaris DesaCibingbin. Sementara perangkat Desa lainnya merupakan limpahan dari Desa Induk yang sebagian poenduduk Desa persiapan Sukamaju. Setelah dikukuhkan sebagai Desa definitif, Maka dilaksanakanlah pemilihanKepala Desa dengan calon tuinggal.  Maka sejakitu Desa Sukamaju dipimpinoleh Bapak T.SURYADI. Selama satu periode. Dan saat penulisan buku ini, Desa Sukamau dipimpinoleh Bapak DASTAM. 

Demikian sekiranya sekilas tentang sejarah berdirinya Desa Sukamaju, yang tidak tidak mempunyai banyak sejarah.